2024 Memilih, 'Dagelan' atau Super Power?

PERANG Rusia 'versus' Ukraina baik menjadi gambaran masa depan bangsa, pilihannya ada pada rakyat: "Pemimpin dagelan atau super power?"

Tidak dipungkiri, kekuatan atau 'power' yang begitu besar saat ini dimiliki oleh Rusia. Hal itu tidak lepas dari kepala negaranya yang memiliki latar belakang militer.

Putin merupakan pemimpin Rusia yang sepanjang karirnya diabdikan sebagai anggota Komite Keamanan Negara atau

Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB), yang merupakan badan intelijen Uni Soviet.

Sejak tahun 1999 hingga 2000 Putin menjabat sebagai Perdana Menteri dan baru menjadi Presiden pada tahun 2000 sampai 2008. Dia kembali menjadi Perdana Menteri dari 2008 sampai 2012 dan berlanjut menjadi Presiden hingga saat ini.

Pada masa kepemimpinan Putin, Rusia berkembang pesat sebagai satu negara dengan kekuatan luar biasa yang memengaruhi kebijakan dunia.

Majalah TIME sebelumnya juga menyebut VladimirVladimirovich Putin sebagai 'Person of the Year'.

Pria bermata biru dengan tatapan dingin ini mengalahkan popularitas Al Gore, George W.Bush dan JK Rowling. TIME menyebut Putin sebagai "Tsar of the New Russia".

Di bawah kepemimpinan Putin, Rusia mengalami kemajuan yang signifikan. Perekonomian negeri Beruang Merah terus membaik, dan secara militer, Rusia kembali dipandang dunia internasional dengan obsesi Putin membentuk kutub baru berhadapan dengan Amerika Serikat.

Hutang Lunas

Pertumbuhan ekonomi Rusia kini mencapai 7 persen, melebihi rata-rata yang pernah dicapai selama tujuh atau delapan tahun sebelumnya. Seluruh hutang negeri itu dilunasinya.

Pertumbuhan pendapatan negeri ini berkisar di angka 12 persen, dengan sektor minyak dan gas menjadi kekuatan penopang utama.

Tak hanya pertumbuhan, pemerintah Rusia juga berhasil menurunkan jumlah penduduk miskin. Maka tak heran, sejak 2001, laporan tahunan Bank Dunia soal Rusia berisikan pujian.

Di bawah kepemimpinan Putin, Rusia menjadi gudang persenjataan perusak massal terbesar di dunia dan persenjataan nuklir mematikan.

Ditambah lagi kekayaan minyak di negara yang dipimpin Putin itu menduduki peringkat kedua terbesar di dunia setelah Arab Saudi.

Putin juga memainkan peran penting di Timur Tengah terkait keseimbangan pengaruh Amerika Serikat (AS) dan Rusia.

Bagaimana Ukraina?

Saat ini Ukraina dipandang sebagai negara labil. Hal itu terjadi setelah Pemilu Ukraina pada 2019 malah memenangkan seorang aktor dan komedian bernama Volodymyr Zelensky.

Selama kepemimpinan Zelensky, Ukraina tidak menunjukkan perkembangan, baik segi politik maupun ekonomi.

Ukraina merupakan negara termiskin di Eropa. Dikutip dari data Bank Dunia, PDB per kapita Ukraina adalah sebesar 3.724 dollar AS atau setara dengan Rp 53.380.000 (kurs Rp 14.300).

Jika menggunakan patokan PDB per kapita, Ukraina memang berada di urutan pertama sebagai negara Eropa paling miskin. Sementara di urutan kedua negara Eropa paling miskin adalah Georgia dengan PDB per kapita sebesar 4.290.

"Ukraina dalam hal PDB per kapita, menjadi negara termiskin di Eropa bersama dengan Moldova, Armenia, dan Georgia," tulis laporan Bank Dunia berjudul 'Tapping Ukraine's Growth Potential'.

"Tingkat pertumbuhan ekonomi di Ukraina masih terlalu rendah untuk mengurangi kemiskinan dan mencapai tingkat pendapatan negara-negara tetangga Eropa," demikian isi dokumen itu.

Selama kepemimpinan Zelensky, Ukraina juga kerap memicu ketengan dengan tetangga besarnya, Rusia.

Ukraina yang belum mapan dalam sisi ekonomi maupun politik ditambah minimnya pengalaman seorang presiden komedian, membuat negara itu kian terancam.

Sejumlah wilayah bagian Ukraina terus melakukan pemberontakan untuk lepas dari kepemimpinan Zelensky dan bergabung bersama Putin.

Hubungan Rusia dan Ukraina memanas lagi sejak 2014. Kala itu muncul revolusi menentang supremasi Rusia.

Rusia pun akhirnya benar-benar menyerang Ukraina sejak Kamis (24/2/2022). Presiden Vladimir Putin mengumumkan operasi militer secara resmi.

Rusia mengklaim mengamankan Ukraina Timur, wilayah Donbass yang dikuasai milisi pemberontak.

Namun serangan Rusia kemudian membidik sejumlah kota di Ukraina Odessa, Kharkiv, Mariupol dan tentu saja Kyiv.

Sebenarnya, dulu Ukraina 'rapat' dengan Rusia. Namun pemimpin Ukraina yang sekarang lebih dekat ke Barat dan ingin menjadi bagian NATO, demikian laporan media Ukraina.

Padahal ketika Perang Dingin terjadi, sebelum 1990, orang-orang Ukraina dan Rusia bersatu dalam sebuah negara federasi bernama Uni Soviet. Negara komunis yang kuat di zaman itu.

Degalan 'versus' Super Power

Peperangan Ukraina dengan Rusia layaknya peperangan antara negara 'dagelan' melawan negara super power.

Dua negara itu memiliki perbedaan yang signifikan, seperti langit dan bumi. Kepemimpinan Zelensky dengan latar aktor komedian melawan sosok militer dengan pengalaman militer yang luat biasa.

Sejauh ini perang Ukraina 'versus', Rusia telah menelan banyak korban. Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR) melaporkan hingga Mei 2022 sebanyak lebih 4.000 orang warga Ukraina tewas dan lebih 4 juta lainnya mengungsi.

Situasi di Ukraina kian mencekam setelah Rusia membombardir sejumlah kota di negara komedian, ekonomi negara itu pun kian terancam, kelaparan sudah melanda sejumlah wilayah.

Bagaimana Indonesia?

Perang Ukraina dan Rusia setidaknya menjadi gambaran jelas tentang pentingnya memilih pemimpin yang tepat.

Indonesia adalah negara kepulauan dengan kawasan maritim yang sebagian besar merupakan jalur lalu lintas internasional.

Ancaman-ancaman terus mengancam kedaulan negara. Salah satunya perairan Natuna yang mulai dilirik oleh China dan diklaim menjadi bagian negara itu.

Upaya perpecahan bangsa bahkan terus dilakukan oleh pihak-pihak luar demi menguatkan kepentingan mereka menguasai sumber daya alam negara.

Di tengah ancaman perang global yang semakin nyata, baiknya negara ini memahami sosok pemimpin yang dibutuhkan, kelak.

Pilpres 2024 menjadi penentu arah masa depan bangsa dan negara.

Ingin terus menjadi bangsa 'dagelan', atau menjadi negara super power?

Oleh Fazar Muhardi

foto

Terkait

Foto

Antara Anies & Ganjar, di Tengah-tengah Ada Jenderal Perkasa

RIAUBOOK.COM - Nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo muncul sebagai kandidat capres 2024 dari kalangan tokoh sipil dengan elektabilitas tertinggi.…

Foto

SDN 026 Sukajadi Dumai Penggerak Profil Pelajar Pancasila tampilkan pentas seni

RIAUBOOK.COM - Sekolah Dasar Negeri 026 Kelurahan Sukajadi Kota Dumai sebagai salah satu sekolah Penggerak Angkatan I Profil Pelajar Pancasila…

Foto

Siapa Andika Perkasa? Panglima dengan 3 Gelar Master & Doktor

RIAUBOOK.COM - Jenderal Andika Perkasa adalah pria kelahiran Bandung, 21 Desember 1964, dia merupakan jebolan Akademi Militer (Akmil) 1987 yang…

Foto

Penghina Nabi Muhammad Tewas Mengenaskan, Tuhan Hakimnya

RIAUBOOK.COM - Pihak pemerintah Swedia akhirnya mengumumkan kesimpulan terkait kecelakaan yang tewaskan kartunis penghina Nabi Muhammad SAW, Lars Vilks. …

Foto

Begini panduan BC Dumai atas barang bawaan penumpang luar negeri

RIAUBOOK.COM - Kantor Bea Cukai Madya Pabean Dumai permudah layanan impor barang bawaan penumpang kapal laut atau bawaan awak sarana…

Foto

TNI Gagalkan Penyeludupan 1,7 Ton Daging Malaysia

RIAUBOOK.COM - Tentara Nasional Indonesia (TNI) ikut serta menjaga keamanan negara, kali ini prajurit TNI AD Satgas Pamtas Batalyon Armed…

Foto

Tertibkan usaha pariwisata, Walikota Dumai targetkan draft Perwako rampung cepat

RIAUBOOK.COM - Walikota Dumai Paisal targetkan tim pengawas terpadu dibentuk secepatnya rampungkan usulan draft peraturan penyelenggaraan usaha kepariwisataan agar dapat…

Foto

BIN Untuk Jenderal Andika, Garuda Geser Rajawali

BADAN Intelijen Negara (BIN) harus memiliki kekuatan lebih besar --layaknya garuda yang menjadi simbol Pancasila, lebih bermarwah dari sekadar 'rajawali'.…

Dumai siapkan aturan baru penertiban usaha pariwisata dan hiburan malam

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Kota Dumai siapkan draft peraturan walikota tentang penyelenggaraan usaha pariwisata dalam rangka penertiban perizinan dan sertifikasi layak…

Foto

Mantan Panglima Hadi Tjahjanto Jadi KSP Geser Moeldoko?

RIAUBOOK.COM - Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Negara pada Selasa (14/6/2022). …

Foto

Teng... Lonceng Istana di Antara Reshuffle Kabinet dan Rakernas NasDem

TENG... Istana seperti mengetuk lonceng peringatan bagi Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang segera melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakesnas) pada 15-17…

Foto

KONI Riau Ajak PHR WK Rokan Jadi 'Bapak Angkat' Cabor dan Atlet Berprestasi

RIAUBOOK.COM - Pengurus Bidang Kerjasama KONI Riau saat bersilaturahmi mengajak PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan menjadi salah satu…

Foto

Pesan Khusus Sekutu untuk Panglima Perkasa Gantikan Jokowi?

JENDERAL Tentara Nasional Indonesia (TNI) Andika Perkasa baru saja menerima penghargaan militer bergengsi dari pemerintah Singapura. PenghargaanMeritorious Service Medalatau Medali…

Foto

Duh, Tarif Listrik Naik

RIAUBOOK.COM - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan penyesuaian tarif tenaga listrik (Tariff Adjustment) triwulan III…

Foto

NasDem: Politik Identitas Cara Politisi Menang Tanpa Modal, Tapi Sangat Berbahaya

RIAUBOOK.COM - Partai NasDem menentang keras penerapan politik identitas di kontestasi politik Indonesia karena upaya tersebut mengancam keutuhan bangsa dan…

Foto

Viral! Legislator Pukul Wasit Eh Ternyata Tentara, Begini Jadinya...

RIAUBOOK.COM - Publik mengecam sebuah peristiwa yang viral di media tentang seorang wasit sepakbola pada pertandingan tarkam (antar kampung) yang…

Semen Padang terima penghargaan lingkungan dari Walikota Dumai

RIAUBOOK.COM - Unit of Plant Semen Padang Dumai raih penghargaan dari Walikota Dumai Paisal atas partisipasi dan kewajiban dalam menjaga…

Dumai perluas jaringan perpipaan air bersih senilai Rp8 M

RIAUBOOK.COM - Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai Tahun Anggaran 2022 ini programkan kegiatan infrastruktur pengembangan dan perluasan sistem penyediaan air…

Aktif jaga lingkungan, RU II diganjar penghargaan oleh Walikota Dumai

RIAUBOOK.COM - Partisipasi aktif PT Kilang Pertamina Internasional RU II Dumai dalam upaya menjaga lingkungan hidup dengan kegiatan penanaman pohon…

Perwira Pertamina Dumai boyong 8 penghargaan Ajang APQ Award*

RIAUBOOK.COM - Sebanyak 8 penghargaan sukses diraih oleh gugus bentukan Perwira PT Kilang Pertamina Internasional RU Dumai dalam ajang Annual…

Pendidikan