Vorest Fest WALHI Riau: Diskusi Keadilan Iklim & Antargenerasi

Vorest Fest WALHI Riau: Diskusi Keadilan Iklim & Antargenerasi

Ist

RIAUBOOK.COM - Voice for Ecological Justice Festival atau yang dipopulerkan dengan akronim Vorest Fest merupakan satu rangkaian festival yang diinisiasi WALHI Riau.

Pelaksanaannya akan dilangsungkan selama dua puluh hari, sebagai tanda WALHI Riau akan masuk pada usianya yang ke dua puluh tahun pada Februari 2023. Festival ini akan berlangsung dari 21 November 2022 sampai dengan 10 Desember 2022. Pembukaannya pada Senin, 21 November 2022 ditandai dengan kegiatan diskusi bersempena Hari Anak dan Hari Pohon Internasional. Keadilan iklim dan keadilan antargenerasi menjadi tema diskusi tersebut.

Even Sembiring, Direktur Eksekutif WALHI Riau menegaskan hadirnya Vorest Fest berangkat dari dua momentum penting, peringatan hari anak dan hari pohon internasional. Kedua hal ini butuh dirawat dan dijaga agar dapat tumbuh kokoh dan kuat.

Bagi WALHI, lanjut dia, peringatan dua momentum ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk menjaga bumi, termasuk bumi Melayu Riau.

Menurut Even, dua momentum ini menjadi pengingat posisi kita sebagai pewaris yang harus mewariskan dan mengajarkan kepada anak dan generasi muda untuk bersuara menuntut hak mereka atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Rangkaian kegiatan Vorest Fest yang akan berlangsung selama 20 hari ke depan akan ditutup tepat pada peringatan Hari HAM. Hal ini menjadi penanda, hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat, termasuk keadilan iklim dan antargenerasi merupakan bagian dari hak asasi manusia, hak yang harus dituntut untuk dipenuhi negara.

WALHI Riau mengharapkan pasca penutupan kegiatan pada 10 Desember yang bertepatan dengan hari HAM mampu melahirkan dorongan kepada kelompok muda agar lebih berani menyuarakan suara tuntutan keadilan antargenerasi.

Suara tuntutan ini tentu menyesuaikan dengan karakteristik kelompok muda, bersuara mendorong perubahan dengan riang gembira dalam pemenuhan dan perlindungan hak asasi manusia yang nyata dan berani.

Pelaksanaan Vorest Fest akan diwarnai dengan berbagai rangkaian kegiatan, seperti tematik forum diskusi, workshop, mural, panggung seni, parade, hingga promosi pangan dan produk lokal.

Selain itu, Vorest Fest akan disela rapat tahunan organisasi, Konsultasi Daerah Lingkungan Hidup (KDLH), sebuah rapat evaluasi tahunan WALHI Riau.

Seruan Keadilan

Hari pertama Vorest Fest diawali dengan diskusi tematik yang bertajuk "Intergenerational Justice Now!" bersama Franky dan Devo, perwakilan anak muda dari Jurusan Hubungan Internasional Universitas Riau. Diskusi juga dipandu oleh anak muda dari SMAN 5 Pekanbaru, Salma Kania Zahidah.

Menurut Franky, krisis iklim mulai dirasakan Sebagian besar wilayah di Indoensia. Dampaknya merugikan manusia secara materil, membuka kesenjangan dan ketidaksetaraan serta memperbesar kemungkinan terjadinya konflik sosial karena ketimpangan keadilan antargenerasi.

"Saat kita merusak lingkungan, bumi juga mengeluarkan antibodi untuk membunuh virus dalam bentuk bencana alam, banjir, kebakaran hutan dan kekeringan. Namun sebaliknya jika kita merawatnya, bumi akan memberikan ruang hidup yang baik dan sehat. Baik atau buruknya tergantung yang kita berikan," kata Franky.

Menurut dia, isu keadilan iklim menjadi urgensi yang harus diperjuangkan antar generasi, karena anak muda merupakan kelompok yang paling terdampak di kemudian hari apabila perbaikan iklim tidak segera dilaksanakan.

Kemudian Devo menambahkan bhwa hadirnya krisis iklim akan mengancam ekosistem bumi, jika anak muda saat ini tidak melakukan pergerakan untuk perubahan bagi bumi atau melakukan hal-hal kecil untuk bumi.

"Anak muda harus sadar bahwasanya mereka yang paling terdampak di masa depan. Maka anak muda harus lebih berani memberi tekanan kepada pemangku kekuasaan dengan gerakan kolektif, karena generasi muda memiliki kewajiban untuk memberi perlindungan dan memiliki akses untuk menjaga sumber daya alam di masa depan," kata Devo.

Dari pemaparan tersebut, peserta merespon positif dengan memberikan tanggapan dan pertanyaan seputar materi.

Jeffry Sianturi, Koordinator Senarai menyampaikan di Riau eksploitasi perkebunan skala besar menghilangkan nilai lokal dan penyumbang emisi karbon dari aktifitas pembukaan lahan dengan cara membakar. Ini bisa dilihat dari kasus korupsi PT Duta Palma dengan tersangka Surya Darmadi yang memiliki lahan 37.000 hektare dalam kawasan hutan adat dan merugikan negara akibat pembukaan lahan sebesar 86 triliun.

"Ini contoh nyata bagaimana perusakan alam di Riau dan dari aktifitas ini akan mengancam kita, keadilan iklim perlu kita suarakan," kata Jefri Sianturi.

Pendapat lain juga disampaikan Hidayat, perwakilan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL), Universitas Riau. Menurutnya ancaman krisis iklim juga terjadi di perkotaan seperti sampah, dampaknya juga menyumbang emisi dari gas yang mengendap melalui tumpukan sampah yang tidak terpilah.

"Dengan akses dan informasi yang lengkap, anak muda bisa menyuarakan isu ini lebih merata dan sampai ke pemangku kepentingan," saut Hidayat.

Even Sembiring merespon tanggapan kedua peserta diskusi. Menurut dia kesenjangan akan muncul karena tidak meratanya kesejahteraan ekonomi karena dirampas oleh kepentingan korporasi yang merusak ruang hidup masyarakat.

"Dalam konteks perubahan iklim, aktivitas korporasi menyebabkan panas bumi meningkat, permukaan air laut naik, dan tenggelamnya pulau.

Selain itu korporasi menghasilkan emisi dari aktivitas tambang, perkebunan, dan bubur kertas. Mereka tidak peduli tentang kearifan lokal. Harus diingat berapa banyak mereka melepasan emisi karbon ke udara. Dan dari semua itu, anak mudalah yang paling terdampak akibat eksploitasi skala besar ini," ujar Even Sembiring.

Di akhir diskusi, Salma menyampaikan perlunya kerja kolektif tiap jaringan anak muda dalam menyebarluaskan isu krisis iklim dan keadilan antar generasi.

"Kuncinya ada pada kita, anak muda. Mulai kritis pada isu krisis iklim dan mulai menyuarakan kebijakan yang berpihak pada ruang hidup kita. Banyak hal dilakukan walaupun kecil akan mendorong perubahan yang berpihak pada keadilan iklim dan masa depan anak muda," tutup Salma Kania Zahidah. (rls)

foto

Terkait

Foto

Kepedulian Pabrik Caisar Spirng Bed Pekanbaru Bantu Korban Kebakaran

RIAUBOOK.COM - Doa dan harapan korban kebakaran Jalan Meranti Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, untuk mendapatkan…

Foto

Duh... Kapal 'Kencing' di Laut di Lepas, Ini Alasan Polisi dan BC Dumai

RIAUBOOK.COM - Proses penyelidikan kapal kayu pelimpahan Bea Cukai (BC) sudah rampung dan kapal sudah dilepas petugas karena tidak terbukti…

Foto

162 Orang Tewas, Gubernur Syamsuar Turut Berduka

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Haji Syamsuar mengucapkan belasungkawa untuk para korban gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa…

Foto

Kejaksaan Dumai juarai lomba peragaan busana batik dan tari kreasi melayu

RIAUBOOK.COM - Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pahlawan, Kejaksaan Tinggi Riau menggelar lomba peragaan busana batik dan Tari kreasi melayu.…

Foto

Petugas Damkar Pekanbaru Gugur Dalam Tugas, 'Selamat Jalan Saudaraku, Surga Menantikanmu'

RIAUBOOK.COM - Seorang petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Pekanbaru gugur saat bertugas dalam memadamkan api yang membakar gudang di…

Foto

'Dumai Berdakwah' HUT Pertama Pusaka Langkat hadirkan Ustad Derry Sulaiman

RIAUBOOK.COM - Hari Lahir Pertama Perkumpulan Masyarakat Kabupaten Langkat (Pusaka Langkat) Kota Dumai diisi berbagai kegiatan semarak, dengan puncak perayaan…

Foto

Musim Hujan, Muncul 72 'Hotspot' Sumatera

RIAUBOOK.COM - Satelite pendeteksi panas bumi merekam kemunculan 72 titik panas (hotspot) terindikasi sebagai kebakaran lahan yang tersebar di sejumlah…

Foto

Rp70 Triliun Dana BPDPKS untuk Pengusaha, DPR Bakal Bentuk Pansus

RIAUBOOK.COM - Terhitung sejak 2019 hingga 2021 dana kelapa sawit berjumlah hampir Rp 70 triliun, namun 95 persen habis untuk…

Foto

Kejaksaan Dumai ingatkan KPU dan Bawaslu untuk kerjasama sukseskan Pemilu 2024

RIAUBOOK.COM - Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Dumai Abu Nawas ingatkan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu agar siap…

Foto

Waspadai 'Tsunami Hoax' Jelang Pemilu 2024, Dirintelkam: Penggunaan Internet Harus Manusiawi

RIAUBOOK.COM - Pemilihan Umum 2019 menjadi pelajaran bagaimana informasi bohong atau 'hoax' yang menyebar begitu besar bagaikan tsunami yang nyaris…

Foto

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Landa Wilayah Ini

RIAUBOOK.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mengeluarkan peringatan dini terkait potensi terjadinya hujan berintensitas sedang hingga…

Foto

Polisi Pengaman G20 Tewas Setelah Pesan Cewek MiChat

RIAUBOOK.COM - Polisi pengaman G20 berinisial FNS (22) yang tewas akibat cekcok dengan cewek diduga dipesan dari MiChat di Kota…

Foto

Ditintelkam Polda Riau Bersama SMSI Bangun Komitmen Berantas 'Hoax'

RIAUBOOK.COM - Direktorat Intelijen Keamanan (Ditintelkam) Kepolisian Daerah (Polda) Riau bersilaturahmi dengan para pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Riau…

Foto

PTPN V Sukses Remajakan Sawit Rakyat, Aceh Ikut 'Nyontoh'

RIAUBOOK.COM - PT Perkebunan Nusantara (PTPN-I) Provinsi Nangroe Aceh Darussalam menjadikan pola kemitraan dan program peremajaan sawit rakyat yang sukses…

Foto

Plt Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya Akan Hadir di Bimtek SMSI Riau

RIAUBOOK.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya dipastikan hadir di Bimtek Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Riau…

Foto

UMP Riau 2023 Bisa Berubah, Wah... Naik Apa Turun ya?

RIAUBOOK.COM - Upah minimum provinsi (UMP) Riau 2023 sudah disepakati pada, Selasa (15/11/2022) yakni naik menjadi Rp3.105.000, namun kesepakatan tersebut…

Dumai tuan rumah Porprov Riau XI Tahun 2025, Walikota siapkan venue baru

RIAUBOOK.COM - Kota Dumai resmi ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksana Pekan Olahraga Provinsi Riau ke XI Tahun 2025 mendatang. Walikota…

Foto

Andika Capres Iriana Jokowi Wapresnya, Benarkah?

RIAUBOOK.COM - Sebuah unggahan video Youtube dengan klaim yang menyebutkan bahwa Jenderal TNI Andika Perkasa mencalonkan sebagai bakalcapres 2024 dengan…

Foto

Hari Ini Tanpa Peringatan Dini, BMKG: Berawan dan Hujan Ringan

RIAUBOOK.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprakirakan sebagian besar wilayah Riau hari ini, Kamis (17/11/2022) dominan…

Foto

Wuah... Harga Sawit Riau Naik Lagi, Ini Datanya

RIAUBOOK.COM - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit periode 16 sampai 22 November 2022 mengalami kenaikan pada setiap kelompok…

Pendidikan