Galeri Foto Pemkab Siak

Siak Terus Genjot Upaya Produksi Pangan dengan Program Peningkatan

RIAUBOOK.COM - Usaha peningkatan produksi tanaman pangan di Kabupaten Siak terus diupayakan, melalui program-program peningkatan produksi tanaman pangan dan hortikultura.

Pada tahun 2016, produksi padi di Kabupaten Siak mencapai 38,089 ton. Jumlah ini jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, naik sekitar 25,68 persen dari jumlah produksi tahun 2015.

Dari sisi luas tanam padi juga, terjadi peningkatan dalam dua tahun terakhir, yaitu dari 7.582 ha pada tahun 2015 menjadi 7.611 ha pada tahun 2016. Kenaikan luas tanam padi tersebut disebabkan oleh adanya kegiatan pengembangan tanaman padi dibeberapa kecamatan dengan sumber dana dari APBN.

"Pada tahun 2016, produksi Palawija Kabupaten Siak mencapai 10.111 ton, dengan jumlah kebutuhan Palawija 5.043 ton. Artinya, kebutuhan masyarakat dalam rangka pemenuhan ketersediaan palawija di Kabupaten Siak telah terpenuhi dengan sangat baik yaitu sebesar 200,49 persen. Kenaikan produksi palawija tersebut, dalam dua tahun terakhir mencapai persentase 4,39 persen," ujar Bupati Siak H Syamsuar saat di wawancara RIAUBOOK.COM beberapa waktu lalu.

Untuk produksi sayuran kata Bupati dua periode ini, pada tahun ini mencapai angka 7.560 ton dengan jumlah kebutuhan sayuran 7.416 ton. Artinya Kebutuhan masyarakat dalam rangka pemenuhan ketersediaan sayuran telah terpenuhi dengan rasio 101,94 persen.

"Produksi buah-buahan, produksi tahun ini mencapai jumlah 18.280 ton, dengan jumlah kebutuhan di Kabupaten Siak sebesar 9.394 ton. Artinya kebutuhan masyarakat dalam rangka pemenuhan ketersediaan buah-buahan di kabupaten Siak telah terpenuhi dengan sangat baik yaitu sebesar 194,59 persen. Kenaikan produksi buah-buahan tahun 2016 apabila dibandingkan dengan jumlah produksi pada tahun 2015 juga mengalami kenaikan sebesar 16,6 persen," ucap bapak 3 anak ini.

Masih kata Syamsuar, produksi pertanian Kabupaten Siak pada tahun 2016 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 6,28 persen, dengan rincian rata-rata peningkatan produksi tanaman pangan (padi dan palawija) sebesar 10,65 persen, dan produksi tanaman hortikultura (sayur dan buah) naik sebesar 1,92 persen.

Sementara rencana luas tanam padi pada tahun 2017 berjumlah 9.136 ha, sedangkan rencana luas panen padi tahun 2017 ialah 10.715 ha. Untuk rencana luas tanam jagung tahun 2017 seluas 538 ha dengan rencana luas panen jagung seluas 576 ha.

"Untuk meningkatkan produksi jagung, kebijakan pemerintah daerah mulai tahun ini kegiatan peremajaan tanaman kelapa sawit di Kabupaten Siak seluas 14 ribu hektar akan dilakukan sistem penanaman tumpangsari dengan jenis tanaman jagung, seluas 206 ha," pukasnya. (RB/Agus)

Bupati Syamsuar memanen cabai merah di Kampung Rawang Air Putih Kecamatan Siak.

Beras murah asli Bungaraya yang dipajang saat kedatangan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo beberapa waktu lalu di Siak dalam agenda penanaman padi perdana tahun 2017.


Bupati Siak Syamsuar bersama Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Feizal Helmi melakukan panen padi di kampung Jayapura, Kecamatan Bungaraya.


Wakil Bupati Siak Alfedri mendampingi Danrem Abdul Karim meninjau lokasi cetak sawah di Dusun Gang Damai kecamatan Koto Gasib.


Dengan berjalan kaki Danrem dan Wabup masuk ke dalam lokasi cetak sawah baru di Kecamatan Koto Gasib.


Bupati Syamsuar saat Panen Raya Cabe di Kecamatan Tualang.


Sambutan Menteri Pertanian (Mentan) RI saat panen raya di Siak.

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

foto

Terkait

Foto

Galeri Foto Paripurna Istimewa HUT ke 67 Kabupaten Kampar

RIAUBOOK.COM - Perayaan HUT kabupaten Kampar Provinsi Riau ke-67 ditandai dengan berbagai persiapan yang dilakukan oleh seluruh unsur pemerintah.Anggota Dewan…

Foto

Riau Pustaka Lingkungan Dunia Jalan Sehat Bersama Gubernur Riau

SEMPENA hari jadinyanya yang kedua, Riau Book.com bekerjasama dengan Yayasan Komunal Provinsi Riau, Minggu (5/3/2017) yang lalu menggelar kegiatan Jalan…

Foto

Bupati Pelalawan Terima Penghargaan Natamukti Pranata

Bupati Pelalawan HM Harris menerima penghargaan Natamukti Pranata dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia karena menilai Pemerintah Kabupaten…

Foto

Peringatan HUT RI KE 71 di Kabupaten Pelalawan

Riau Book - Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke 71 berlangsung tertib, aman dan lancar di Kabupaten Pelalawan, Provinsi…

Pendidikan