DAKWAH JUMAT

Outlook Perwakafan RI

Perwakafan Indonesia pada 2017 diharapkan menunjukkan perkembangan signifikan sehingga dapat memberikan warna baru bagi perekonomian nasional. Ini dimungkinkan bila kita melihat sejumlah peristiwa terkait perwakafan nasional pada 2016 yang lalu.

Peristiwa pertama, yaitu pengajuan anggaran bagi Badan Wakaf Indonesia (BWI) ke DPR yang diharapkan mencapai Rp 20 triliun pada APBN 2017. Jika disetujui, anggaran ini dapat meningkatkan kapasitas BWI dalam sosialiasi program wakaf nasional.

Sebagaimana diketahui, wakaf di Indonesia memiliki potensi sangat besar. Ketua BWI Slamet Riyanto menyampaikan, tanah wakaf di Indonesia memiliki luas mencapai 43 juta hektare dengan potensi nilai Rp 2.000 triliun. Nilai aset wakaf nasional menjadi lebih tinggi apabila wakaf uang juga dapat terkumpul secara masif, mengingat wakaf uang tidak memiliki batasan nilai donasi sebagaimana wakaf.

Namun, potensi tersebut belum sepenuhnya tercapai mengingat mayoritas lahan wakaf didirikan menjadi fasilitas ibadah atau pendidikan semata tanpa adanya unit ekonomi pendukung. Pada umumnya, masyarakat juga belum familiar dengan wakaf uang.

Oleh karena itu, sosialisasi wakaf produktif masih menjadi prioritas dan kondisi geografis Indonesia yang sangat luas memerlukan dukungan sumber daya agar wakaf dapat tersosialisasikan dengan baik.

Meskipun hingga saat ini mendapatkan dukungan dari pemerintah, hendaknya BWI mulai berpikir serius mengenai upaya membangun kemandirian lembaga sehingga dapat mewujudkan jati diri sebagai lembaga yang independen.

Terlebih, BWI tidak hanya berperan sebagai regulator, tetapi juga operator, yakni nazir wakaf nasional. Keterlibatan BWI dalam Wakaf Hasanah yang diinisiasi BNI Syariah dapat menjadi salah satu upaya meningkatkan pengumpulan wakaf uang oleh BWI.

Sebagaimana diketahui, Wakaf Hasanah adalah sebuah platform website yang didesain untuk memfasilitasi promosi proyek wakaf produktif yang dikelola nazir wakaf dengan masyarakat luas sebagai calon nazir.

Selain BWI, BNI Syariah juga menggandeng empat nazir wakaf nasional, yakni Tabung Wakaf Indonesia, Rumah Wakaf Indonesia, Global Wakaf, dan Wakaf Al-Azhar.

Apabila program Wakaf Hasanah tersosialisasi dengan baik, platform web berbasis wakaf produktif dapat menjadi tren baru pada masa mendatang.

Terlebih, pada masa kini, skema crowdfunding atau urun dana seperti itu mulai menjamur di Indonesia dan selayaknya perwakafan nasional bisa meningkat lewat skema crowdfunding yang didukung teknologi informasi.

Selain dengan perbankan, sinergi wakaf dengan produk asuransi syariah pada masa mendatang juga terbuka lebar. DSN-MUI telah menerbitkan fatwa mengenai Wakaf Manfaat Investasi dan Manfaat Asuransi pada Asuransi Jiwa Syariah yang dapat membuka peluang perluasan produk wakaf dan sinergi antara wakaf dan asuransi.

Hal ini akan dapat meningkatkan sektor asuransi syariah sekaligus wakaf nasional pada masa mendatang. Wakaf dapat meningkat akumulasi asetnya dengan didorong dari wakaf polis asuransi serta memperluas sumber pendanaan bagi kesejahteraan umat.

Tren wakaf ke depan juga terlihat semakin menarik pada segmen mikro. Ini ditandai dengan semakin banyaknya baitul maal wat tamwil (BMT) yang tersertifikasi sebagai nazir wakaf uang. Per September 2016, sekitar 104 BMT terdaftar sebagai nazir wakaf uang.

BMT dapat berperan menggalakkan wakaf uang Indonesia karena mampu menyentuh segmen mikro yang sulit dijangkau lembaga keuangan besar dan wakaf uang sangat menarik untuk dikelola karena memberikan sumber pendanaan dengan biaya sangat murah.

Dapat diprediksi, akan semakin banyak BMT yang terjun sebagai nazir wakaf uang sebagai upaya memperkuat kelembagaan mereka. Selain sisi praktis wakaf, BWI dalam rakornas yang diselenggarakan pada tanggal 24 November juga membahas revisi UU Wakaf.

UU Wakaf yang diterbitkan pada 2004 hingga saat ini belum direvisi. Padahal, sejumlah kekurangan ditemukan, seperti belum diakomodasinya peran lembaga keuangan nonbank syariah sebagai lembaga keuangan syariah penerima wakaf uang.

Padahal, BMT berpotensi menjadi pengumpul wakaf uang hingga ke tingkat masyarakat mikro. Selain itu, ketentuan pidana bagi nazir yang menelantarkan aset wakaf yang diamanahkan kepadanya.

Maka, regulasi masih akan menjadi tantangan bagi perwakafan nasional apabila belum ada upaya serius untuk merevisi kebijakan. Tantangan lain yang masih mengadang perwakafan nasional pada masa mendatang adalah terkait sertifikasi wakaf tanah.

Berdasarkan data sistem informasi wakaf (Siwak) Kementerian Agama, baru 65 persen tanah wakaf tersertifikasi sebagai lahan wakaf. Lahan wakaf yang tak tersertifikasi menjadi rentan digugat pihak-pihak tertentu, terutama ahli waris dari wakif yang sering berujung pada sengketa di pengadilan.

Tentu hal ini dapat menghambat pengelolaan wakaf yang saat ini tengah ditujukan menuju pengelolaan wakaf secara produktif. Inovasi dan sinergi antara BWI dan BPN harus menjadi prioritas dalam rangka menyelamatkan legalitas lahan wakaf nasional.

BPN dan BWI perlu mengembangkan platform aplikasi teknologi informasi agar dapat memudahkan nazir dalam menyertifikasikan lahan wakaf yang dikelolanya. Pada ranah akademis, pembahasan wakaf diprediksi masih menjadi topik cukup hangat pada 2017.

Setelah peluncuran buku ajar wakaf oleh Bank Indonesia, pembahasan mengenai waqf core principles pada Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) serta konferensi internasional yang diselenggarakan oleh BWI dan Universitas Trisakti, maka tidak mustahil ada perkembangan literasi akademis mengenai wakaf.

Forum ISEF yang bersifat tahunan masih akan membuka peluang penguatan pada pembahasan waqf core principles.Adopsi buku ajar wakaf BI di kampus-kampus juga berkontribusi pada peningkatan sisi keilmuan dari wakaf.

BWI perlu lebih aktif dalam membuka diskusi ilmiah terkait perwakafan dengan menggandeng kampus-kampus sebagai salah satu upaya sosialisasi.

Sebagai kesimpulan, perwakafan di Indonesia pada 2017 diprediksi akan diwarnai beragam inovasi dan sinergi produk wakaf dengan layanan keuangan berbasis teknologi informasi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan akumulasi aset wakaf nasional. Selain itu, BWI dengan penguatan secara kelembagaan dan regulasi serta sinergi dengan berbagai pihak, akan dapat menguatkan seluruh aspek perwakafan baik aspek teoritis, regulasi, maupun praktis. (sumber: republika.co.id)

Raditya Sukmana, Ketua Departemen Ekonomi Syariah FEB Universitas Airlangga

Imam Wahyu Indrawan, Lulusan S1 Ekonomi Islam FEB Universitas Airlangga

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

foto

Terkait

Foto

Ini Tanda Orang Munafik, Termasuk Provokator

BANYAK kasus kerusuhan di tanah air timbul akibat adanya pihak-pihak yang menjadi provokator hingga memicu bentrok antar-warga, Iqbal Ali (tokoh…

Foto

Dari Pekanbaru Saya Berdoa untuk Habib Rizzieq

Oleh: Wira Atma Hajri, S.H., M.H.(Dosen Departemen Ketatanegaraan Fakultas Hukum Universitas Islam Riau/Alumni Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang)"Rugi-untungnya perjuangan…

Foto

2017, Tahun Baru Penuh Kejutan, Ini Catatan untuk Amerika Serikat dan Donald Trump

Riau Book - Seluruh manusia di muka bumi baru saja merayakan datangnya tahun baru 2017 yang diprediksi bakal banyak kejutan…

Foto

Kalijodo, Wajahmu Kini

Riau Book - Tuan Basukiiiii, hati-hati sepedanya kepleset kondom bekas... #eh. Saya hanya mau mengingatkan sodara-sodara semua, taman baru…

Foto

Bergelimang Kemuliaan Hidup, Dicokok KPK

Riau Book - Dua hari menjelang tutup tahun, Bupati Klaten, Jawa Tengah, Sri Hartini mengakhiri gelimang kemuliaan hidup yang puluhan…

Foto

Fatal, Ketika Kapolri dan Seskab 'Tak Paham' Konsep Dasar Hukum

Oleh: Wira Atma Hajri, S.H., M.H.(Dosen Departemen Ketatanegaraan Fakultas Hukum Universitas Islam Riau/Alumni Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang)Tertanggal 14…

Foto

Akhir Tahun, Jalur Darat Diprediksi Tidak Akan Terjadi

Riau Book - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau mengatakan kondisi lalu lintas jelang tahun baru 2017 masih dalam kondisi…

Foto

Menjaga Ukhuwah Islamiyah

Ukhuwah yang biasa diartikan sebagai "persaudaraan", terambil dari akar kata yang pada mulanya berarti "memperhatikan". Makna asal ini memberi kesan…

Foto

Menyatu dalam Bineka Tunggal Ika

SEPERTI dalam agama-agama Abrahamik lainnya, perdamaian adalah konsep dasar dalam pemikiran Islam. Istilah bahasa Arab "Islam" itu sendiri biasanya diterjemahkan…

Foto

Jusuf Kalla, Penulis yang Baik dan Pembaca yang Rajin

Riau Book - Tak banyak yang tahu Jusuf Kalla adalah penulis yang baik. Gaya menulisnya mirip dengan gayanya bertutur: praktis,…

Foto

Munafik Kita Kalau Mengatakan Negeri Ini Baik-baik Saja

Oleh: Wira Atma Hajri,S.H.,M.H.Dosen Departemen Ketatanegaraan Fakultas Hukum Universitas Islam Riau"Tanda orang munafik ada tiga: jika berbicara dia dusta, jika…

Foto

Islam dan Etika Debat

Tradisi debat yang disinyalir menandakan kemampuan berpikir kritis sebenarnya dimiliki setiap bangsa dan peradaban. Namun, sebagian kalangan menganggap tidak setiap…

Foto

Aparat Radikal, Kepalanya Penuh Doktrin yang Tak Sejalan dengan Kesatuan

Riau Book - Duta Besar Rusia untuk Turki Andrei Karlov ditembak mati saat sedang berpidato. Pembunuhnya, Mevlut Mert Aydintas, anak…

Foto

Menghakimi yang Zahir: Lagi Pula Niat Ahok Siapa yang Tahu?

Oleh: Wira Atma Hajri, S.H., M.H.(Dosen Departemen Ketatanegaraan Fakultas Hukum Universitas Islam Riau/Anggota MDI Kota Pekanbaru)"Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati..."…

Foto

Masyarakat Padati Halaman Kantor Gubernur Riau, Nobar dengan Gubri

Riau Book - Ribuan masyarakat memadai halaman kantor Gubernur Riau untuk menyaksikan laga panas antara Timnas Indonesia melawan Thailand di…

Foto

Menjaga Ukhuwah Islamiyah Dalam Bingkai NKRI

Ukhuwah yang biasa diartikan sebagai "persaudaraan", terambil dari akar kata yang pada mulanya berarti "memperhatikan". Makna asal ini memberi kesan…

Foto

Perdamaian Lintas Agama Menyatu dalam Bineka Tunggal Ika

SEPERTI dalam agama-agama Abrahamik lainnya, perdamaian adalah konsep dasar dalam pemikiran Islam. Istilah bahasa Arab "Islam" itu sendiri biasanya diterjemahkan…

Foto

Allah Berikan Hadiah Melalui Al-Maidah 51

Oleh: Wira Atma Hajri, S.H., M.H.(Dosen Kajian Ketatanegaraan Fakultas Hukum Universitas Islam Riau/Anggota MDI Kota Pekanbaru)Umat Muhammad itu…

Foto

Mar'ie Muhammad, Berpulangnya 'Mr. Clean'

Riau Book - Saya masih menyimpan foto dari upacara kecil tiga belas tahun lalu ini, akad nikah saya di pagi…

Foto

Saatnya Pejabat Profesional di OPD Baru

RENDAHNYA serapan anggaran belanja daerah Provinsi Riau dibawah 70 persen pada tahun 2015, 2016 sehingga mencatat silPa Rp 3 triliun…

Pendidikan