Berikut Kronologi Kerusuhan yang Terjadi dalam Aksi Bela Islam di Depan Istana Negara

Riau Book- Dari gambaran yang dirangkum, berikut kronologi terjadinya kerusuhan dalam aksi demo bela Islam yang sebelumnya berjalan aman dan damai. Ribuan demonstran masih bertahan di depan Istana Kepresidenan selepas batas waktu pukul 18.00 WIB. Terjadi kericuhan ketika polisi ingin membubarkan massa.


Berikut kronologi terjadinya kericuhan:

Pukul 23.46 WIB, polisi menyemprot air dari watercanon ke arah sebuah toko di kawasan Luar Batang, Jakarta Utara yang sempat dirusak dan dibakar massa.

Pukul 23.23 WIB, berdasarkan informasi yang terhimpun Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas mendadak di Istana Kepresidenan bersama beberapa pejabat, di antaranya Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Menko Polhukam Wiranto dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pukul 23.17 WIB, sekitar dua ratus petugas polisi berhadap-hadapan dengan massa anti-Ahok yang berkumpul di Pasar Ikan, kawasan Luar Batang, Jakarta Utara. Kedua belah pihak hanya terpisah jarak sekitar 30 meter. Perwakilan polisi mendatangi massa mengajak negosiasi.

Pukul 23.10 WIB, Ketua FPI, Rizieq Shihab tiba di Gedung DPR/MPR naik mobil komando. Dia mengajak massa solat di jalan.

Pukul 23.03 WIB, sekitar 500 orang berkumpul di depan Gedung DPR/MPR. Kehadiran mereka membuat macet kawasan Jalan Gatot Subroto. Sebanyak 15 Satuan Setingkat Kompi (SSK) TNI-Polri bersiaga mengantisipasi kericuhan yang terjadi di berbagai lokasi.

Pukul 22.46 WIB, Kepala Polda Metro Jaya, Irjen M. Iriawan, mengatakan kericuhan yang terjadi di beberapa lokasi mampu diatasi pihak keamanan. Dia juga menyatakan perumahan Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama dalam kondisi aman dan tak ada serangan.

Kapolda menyatakan akan menindak tegas dan meminta pertanggungjawaban dari pihak-pihak yang menyebabkan kerusuhan.

Pukul 22.30 WIB, situasi di kawasan Luar Batang, Jakarta Utara, sempat mencekam sekitar pukul 21.30 WIB. Ratusan aparat dari kepolisian dengan peralatan lengkap berjalan menyisir kawasan tersebut untuk menghalau dan mencegah terjadinya kericuhan lanjutan akibat demo yang berujung bentrok di depan Istana Negara.

Pangdam Jaya Teddy Lhaksmana memastikan situasi di kawasan tersebut sudah aman terkendali.

Pukul 22.15 WIB, berdasarkan laporan CNN Indonesia TV, terjadi pengrusakan dua minimarket di Muara Karang, Jakarta Utara. Polisi dan TNI berdatangan mengamankan situasi dengan memblokade massa yang terus hendak menyerang.

Pukul 22.05 WIB, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tampak merapat ke Istana Kepresidenan. Sebelumnya Kepala Badan Intelijen Negara, Jenderal Budi Gunawan mengunjungi istana.

Pukul 22.03 WIB, massa pedemo mulai meninggalkan Masjid Istiqlal. Jalan Juanda, Jakarta Pusat yang sempat ditutup mulai dibuka dan kendaraan bebas melewati jalan itu. Sebagian pedemo menyatakan akan tetap berkumpul hingga hari Minggu (5/11).

Pukul 21.55 WIB, aksi pelemparan batu oleh massa ke arah petugas penjaga di Penjaringan, Jakarta Utara.

Pukul 21.30 WIB, beredar kabar terjadi sweeping di sekitar Jalan Gedong Panjang, Apartemen Mitra Bahari oleh massa pedemo. Informasi ini disebar dalam bentuk video oleh akun @Johanes_Chandra.

Beredar kabar massa menuju depan perumahan Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama di Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Pukul 21.20 WIB, ratusan demonstrasi berdatangan ke gerbang utama DPR dengan menggunakan beberapa bus. Ratusan Brimob dan TNI menjaga gedung DPR dan menghalangi massa masuk ke gedung parlemen.

Pukul 21.00 WIB, Menteri Koordinator Poltik, Hukum dan Keamanan Wiranto menemui sejumlah demonstran yang bertahan di depan Istana Kepresidenan. Wiranto meminta massa membubarkan diri.

"Sudah pulang ke rumah masing-masing. Jangan-jangan (berbuat kerusuhan). Kalian masih muda, cari kerjaan saja," kata Wiranto kepada sejumlah demonstran di persimpangan Jl Medan Merdeka Utara dan Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Pukul 20.58 WIB, rombongan demonstrasi pulang dengan tertib melewati balai kota. Mereka menyapa polisi, sembari berkata: "katanya tidak mau nembak pak."

Sementara itu sebagian massa masih tampak di Patung Kuda dan salah satu di antara mereka berseru untuk tetap di lokasi. "Saudaraku tetaplah bertahan hingga ada intruksi selanjutnya," kata orator.

Pukul 20.50 WIB, beberapa titik api masih tampak di beberapa tempat seperti di Jalan Merdeka Barat dan sekitar patung Kuda. Di sekitar patung Kuda tampak sekitar lima titik api yang dibuat dari tumpukan sampah.

Pukul 20.40 WIB, susana di depan istana mulai kondusif, tak ada lagi suara tembakan gas air mata atau petasan.

Di depan Kementerian Komunikasi dan Informasi, tampak massa berjalan kaki menuju arah patung Kuda, menjauh dari istana.

Pukul 20.30 WIB, sebagian massa mulai tampak mundur sekitar akibat tembakan gas air mata dan air dari water canon.

Pukul 20.28 WIB seorang pria diduga seorang polisi terluka parah akibat dipukuli massa kemudian diamankan ke dalam Pos Pengamanan Utama di sekitar Istana Kepresidenan.

Kapolri Jederal Pol Tito Karnavian menginstruksikan anggota Polri untuk tidak menembakkan gas air mata.

"Saya Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Saya minta anggota Polri untuk tidak mengeluarkan tembakan gas air mata," kata Kapolri dengan pengeras suara dari rumah dinas Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Pukul 20.00 WIB, massa membakar dua truk Brimob dan apinya membumbung tinggi di depan Istana Merdeka. Polisi lalu meningkatkan keamanan, dengan menambah armada Pasukan Brimob di depan Istana.

Pukul 19.40 WIB, bentrokan antara massa pendemo dengan polisi terjadi lagi di depan Kantor Kementerian Pertahanan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Aksi kericuhan terus berlanjut, tampak api di sejumlah titik diduga kendaraan aparat keamanan. Polisi kian intens memberikan gas air mata agar massa membubarkan diri.

Pukul 19.10 WIB, barikade FPI tetap berbaris di depan pagar Brimob dan menyesalkan adanya aksi kisruh.

Sekelompok massa masih bertahan di depan Istana Kepresidenan mendorong barikade polisi bertameng.

Aksi ini membuat suasana menjadi ricuh. Mereka terus menyerang polisi bertameng yang membuat barikade. Sebagian massa ada yang menendang ada juga yang memukul tameng pakai bambu.

Pasukan polisi yang diketahui dari satuan Brimob itu tetap diam dan tidak melakukan perlawanan.

Pukul 18.30 WIB sejumlah perwakilan demonstran menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla dan kemudian menyampaikan hasil pertemuan kepada para demonstran.

Rupanya sebagian massa tidak puas dengan hasil pertemuan. Massa kemudian meneriakkan perang, jihad revolusi sembari mengarah ke Jalan Medan Merdeka Barat.

Massa Front Pembela Islam (FPI) membentengi massa Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) dengan aparat. Terjadilah pelemparan botol air mineral dan batu bata dari massa berbendera HMI ke arah FPI.

Massa FPI meminta tenang, tapi masih ada pelemparan botol air mineral.(ria)

sumber: CNNindonesia.com


Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

foto

Terkait

Foto

Terkena Gas Air Mata, Ustaz Arifin Ilham dan Syekh Ali Jaber Dilarikan ke Rumah Sakit

Riau Book- Akibat tembakan gas air mata yang dilepaskan pihak kepolisian, korban-korban berjatuhan. Sejumlah ulama terluka dalam kericuhan yang terjadi…

Foto

Ribuan Massa Terus Berdatangan ke Gedung DPR RI

Riau Book- Ribuan massa yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia terus berdatangan ke gedung DPR/MPR RI.

Foto

Jokowi Rapat Mendadak dengan Menko Polhukam, Kepala BIN dan Kapolri

Riau Book-Presiden Joko Widodo dikabarkan bertolak ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat (4/11/2016) malam.Sejak Jumat pagi, Presiden diketahui…

Foto

Aksi Pendemo Masuki DPR RI Dihadang Pasukan Gabungan TNI-Polri

Riau Book- Dipukul mundur, ribuan massa demonstrasi Bela Islam ini kemudian mencoba memasuki gedung DPR RI. Namun, keinginan mereka memasuki…

Foto

Fahri Hamzah: Jokowi Itu Presiden Amatir, tak Sensitif dan tak Paham Politik

Riau Book- Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah gusar dengan sikap Presiden Joko Widodo yang seakan tak peduli dengan aksi…

Foto

Bareskrim Percepat Penanganan Kasus Penistaan Agama Oleh Ahok

Riau Book- Badan Reserse Kriminal Polri akan mempercepat proses penanganan dugaan penistaan agama yang dituduhkan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki…

Foto

Kepala Korps Brimob Minta Massa Membubarkan Diri dari Monas

Riau Book- Usai bentrok antara aparat kepolisian dengan massa di Istana Merdeka dan Monas. Kepala Korps Brimob Irjen Pol Murad…

Foto

Dua Truk Dalmas Milik Satuan Brimob Dibakar

Riau Book- Dalam kerusuhan yang terjadi di depan Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, ribuan massa yang marah kemudian…

Foto

Ambulans Hilir Mudik Angkut Korban Bentrokan Polisi dengan Pengunjuk Rasa di Depan Istana Negara

Riau Book- Bentrokan yang terjadi antara polisi dengan pengujuk rasa di depan Istana negara, mulai berjatuhan. Ambulans hilir mudik membawa…

Foto

Demo di Depan Istana Merdeka Ricuh, Polisi Tembakkan Gas Air Mata

Riau Book- Kericuhan antara polisi dan ratusan ribu pengunjuk rasa terjadi di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016). Bentrok…

Foto

Batas Waktu Demo Sudah Mau Habis, Massa Malah Bertambah

Riau Book- Jumlah massa yang berkumpul di depan kantor Sekretariat Negara di dalam kompleks Istana Kepresidenan semakin bertambah pada pukul…

Foto

Polisi Lantunkan Asmaul Husna, Redam Emosi Pengunjuk Rasa

Riau Book- Untuk meredam emosi pengunjuk-rasa, para polisi yang mengawal aksi unjuk rasa ratusan ribu pendemo melantunkan syair Asmaul Husna,…

Foto

Habib Rizieq: Presiden Jokowi Penjarakan Ahok Sekarang Juga

Riau Book- Imam Besar Front Pembela Islam (FBI) Habib Rizieq mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera bersikap, menangkap Gubernur…

Foto

Pengunjuk Rasa Jebol Kawat Berduri di depan Istana, Polisi Tak Berdaya

Riau Book- Sempat terhalang oleh kawat duri, ribuan pengunjuk rasa akhirnya berhasil menjebol kawat berduri di depan Istana Kepresidenan Jalan…

Foto

Icuk Sugiarto: Pidanakan Orang Yang Menistakan Agama Kami, Smash Jangan Dikasih Ampun!

Riau Book- Semua pihak langsung terpanggil ketika kitabnya dinistakan dan ulamanya dilecehkan. Bahkan legenda bulutangis Indonesia, Icuk Sugiarto ikut dalam…

Foto

Menjawab Sindiran PWNU Jakarta, Pemuda-pemuda Muslim Berjalan Berkeliling Kumpulkan Sampah

Riau Book- Menjawab sindiran Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi DKI Jakarta agar pendemo tak mencemari Jakarta dengan sampah pada…

Foto

Syekh Ali Jaber Ikut Longmarmarch di Jalan Merdeka Barat

Riau Book- Ulama kondang Syekh Ali Jaber ikut ambil bagian dalam aksi Bela Islam yang digelar ratusan ribuan pengunjuk rasa…

Foto

Perempuan ini Baru Dua Hari Bersahadat, Hari ini Langsung Turun Aksi Bela Islam

Riau Book- Jika agamanya sudah dinistai dan ulamanya dilecehkan, siapapun yang masih ada iman di dalam hatinya akan turut membela…

Foto

Fadli Zon dan Fahri Hamzah Ikut Bakar Semangat Pengunjuk Rasa

Riau Book- Dua Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah dan Fadli Zon ikut membakar semangat para pengunjuk rasa yang memadati…

Foto

Jakarta Dikepung Pengunjuk Rasa, Longmarch ke Istana Ratusan Ribu Pendemo Nyanyikan Mars Aksi Bela Islam

Riau Book- Akibat ulah satu orang, dan tidak tegasnya aparat hukum, Jakarta dikepung ratusan ribu bahkan mendekati angka jutaan pengunjuk…

Pendidikan