Pembangunan Indonesia Kerja Nyata 71 Tahun, Gubernur: Mari Dukung Nawacita

Riau Book - HUT Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2016 adalah momentum negara ini untuk mewujudkan Nawacita, dukungan itu harus mengalir dari seluruh rakyat untuk memerkuat perekonomian nasional.

Setelah 71 tahun merdeka, sudah menjadi bangsa macam apakah Indonesia saat ini? Dimana posisinya diantara bangsa-bangsa lain? Bagaimana keadaan masyarakatnya? Sudah lebih berkeadilan dan berkemakmurankah? Bagaimana pula watak dan karakter manusia-manusia Indonesia pada saat ini? Sudah terpuji dan membanggakankah?

"Mari kita kerja nyata secara bersama-sama membangun dan merubah paradigma nasional, dari yang bersifat konsumtif menjadi produktif, dari yang bersifat Jawa sentris menjadi Indonesia sentris. Memperbaiki regulasi dan birokrasi secara masif seiring dengan perkembangan dan penerapan teknologi informasi dan telekomunikasi," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Bagaimana dengan kondisi kemerdekaan di Riau? tentunya problema yang dihadapi bangsa ini tak jauh beda dengan daerah lain. Guna mewujudkna cita-cita anak bangsa, provinsi Riau setakat ini mulai membenahi pembangunan dari segala aspek. Mulai dari pembangunan ahlak bagi tiap insan dan SDM bagi aparatur dan masyarakatnya.

Semenjak Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dilantik menjadi Gubernur Riau defenitif sisa masa jabatan 2014-2019 setelah proses pengambilan sumpah dan penandatanganan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (25/5/2016) pukul 15.30 WIB. Segala prioritas program pembangunan mulai dari tingkat daerah hingga nasional menjadi tanggungjawab penuh Gubernur Riau untuk menjalankannya.

Presiden Jokowi mengingatkan bahwa tugas sebagai kepala daerah sangatlah berat. Presiden meminta kepala daerah bekerja keras demi mewujudkan kesejahteraan rakyat dan menjamin cukup pangan, air bersih, listrik serta akses pendidikan dan kesehatan untuk masyarakat, berpedoman pada visi misi Presiden.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman kepada awak media mengatakan, akan segera melaksanakan amanat yang disampaikan presiden Jokowi. "Pemerintah daerah harus bisa segera melanjutkan tugas berikutnya untuk memenuhi harapan masyarakat," ungkap Bang Andi Rachman sapaan akrab Gubri.

"Sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah, kita harus bersenergi mendukung Nawacita dan melanjutkan program-program melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah RPJMD," ujar Andi Rachman.

Langkah Awal

rb

Sebagai langkah awal, Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Revisi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Riau tahun 2005 — 2025. FKP digelar bertempat di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Senin (23/5/2016).

RPJPD dibuka dan dipimpin langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, turut hadir Plt. Sekretaris daerah provinsi (sekdaprov) Riau Muhammad Yafiz, Wakil ketua DPRD Riau, Noviwaldy Jusman beserta jajarnya, sejumlah tokoh masyarakat Riau seperti, Mukhtar Ahmad, Tengku Lukman, Mardianto Manan dan tokoh Riau lainnya.

Plt Sekdaprov Riau Muhammad Yafiz mengungkapkan RPJPD bertujuan untuk mempertajam arah kebijakan pembangunan daerah, strategi dan analisis isu-isu strategis jangka panjang di provinsi Riau. Dalam Perda Nomor 9 Tahun 2009 tentang Provinsi Riau 2005-2015 masih tercantumkan visi Riau 2020 yang menyebutkan "Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin, di Asia Tenggara Tahun 2020".

Sesuai amanat dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Revisi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025, kurun waktu RPJPD disesuaikan dengan kurun waktu RPJPN, sehingga kurun waktu RPJPD sesuai dengan RPJPN Tahun 2025.

"Kegiatan ini untuk mempertajam arah kebijakan pembangunan daerah dalam mewujudkan visi dan misi Riau itu agar dapat tercapai sesuai dengan targetnya, dan terwujudnya Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin," kata Plt Sekda Riau Muhammad Yafiz.

Dukung Palapa

rb

Selain itu, pemprov Riau saat ini tengah mendukung proyek Palapa Ring Barat, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menghadiri acara Sosialisasi Proyek Palapa Ring Barat yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bersama PT Palapa Ring Barat di Aula kantor walikota Batam, Kepulauan Riau, Rabu (15/6/2016).

Sosialisasi Proyek Palapa Ring Barat dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara, turut hadir pada acara tersebut, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Direkur Utama Palapa Ring Barat, Syarif Lumintarjo, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah provinsi Riau, Yogi Getri.

Proyek Palapa Ring merupakan upaya pemerintah pusat untuk membangun ketersediaan layanan jaringan serat optik sebagai penunjang sistem telekomunikasi nasional yang menghubungkan seluruh kabupaten kota di Indonesia. Proyek tersebut hasil Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) pertama dalam sektor telekomunikasi dan juga proyek strategis nasional yang diatur dalam Peraturan Presiden No. 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Di provinsi Riau Proyek Palapa Ring Barat melayani di dua kabupaten yaitu Bengkalis dan Kepulauan Meranti, di Provinsi Kepulauan Riau terbagi di tiga kabupaten yaitu, Natuna, Lingga dan Kepulauan Anambas. Selain itu, sejumlah kabupaten kota juga bisa menikmati layanan sinyal seluler kecepatan tinggi itu di Tanjung Jabung Provinsi Jambi dan Singkawang, Kalimantan Barat.

Bukan itu saja, guna mendukung keselarasan pembangunan nasional di daerah, Pemerintah Provinsi Riau menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Revisi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Riau tahun 2005-2025 di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Rabu (22/6/2016).

Acara itu dibuka Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman dan dihadiri Direktur Jenderal (Dirjen) Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Reydonnyzar Moenek, anggota DPR.RI Dapil Riau, Pimpinan beserta angota DPRD provinsi Riau, anggota DPD.RI asal Riau, Forum Pimpinan Komunikasi Daerah Riau, Pelaksana tugas Setdaprov Riau, tokoh masyarakat, tokoh perguruan tinggi, Pejabat Tinggi Pratama dilingkungan pemprov Riau serta tamu undangan yang hadir lainya.

Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri, Reydonnyzar Moenek menjelaskan Perda nomor 9 tahun 2009 tentang RPJPD provinsi Riau tahun 2005-2025 meliputi pertama penajaman visi dan misi daerah. Kedua, penyelarasan sasaran pokok dan arah kebijakan pembangunan jangka panjang daerah untuk mencapai visi misi daerah. Ketiga, penajaman sasaran pokok membangunan. Keempat Klarifikasi dan penajaman tahapan dan prioritas pembangunan daerah.

Kelima, membangun komitmen bersama antar pemangku kepentingan untuk mempedomani RPJPD provinsi Riau dalam melaksanakan pembangunan daerah dan keterlibatan masyarakat dalam penyelarasan visi dan misi serta arah kebijakan pembangunan daerah yang merupakan salah satu perwujudan dari pendekatan perencanaan parsitifatif dalam mentukan arah dan sekala prioritas jangka panjang pembangunan daerah selama kurun waktu dua puluh tahun.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, mengatakan pemrov Riau telah melakukan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan RPJPD Riau dan merekomendasikan hal-hal sebagai berikut, pertama, perlu dilakukan revisi terhadap RPJPD Riau 2005-2025 sesuai dengan sistem matika RPJPD Riau 2005-2025 pada Peraturan Mendagri (Permendagri) tahun 2010.

Kedua, perlu penyusunan strategi pembangunan yang lebih komperhensif untuk mendukung pencapaian sasaran pokok pembangunan. Ketiga, perlu peningkatkan pemahaman dan komitmen pemerintah daerah dalam menjalankan amanat RPJPD Riau 2005-2025 pada setiap tahapan pembangunan jangka menengah.

Selanjutnya keempat, diperlukan tata kelola pemerintahan khususnya kapasitas aparatur dalam menterjemahkan dan menjalankan amanat RPJPD Riau dalam setiap sektor atau bidang pembangunan. Dan yang kelima perlunya arah pembangunan kemaritiman dan energi diakomodir dalam rumusan arah kebijakan pembangunan.

"Kegiatan ini untuk mempertajam arah kebijakan pembangunan daerah dalam mewujudkan visi dan misi Riau itu agar dapat tercapai sesuai dengan targetnya dan terwujudnya provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin, di Asia Tenggara tahun 2020," ujar Gubri. (Adv)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

foto

Terkait

Foto

Memaknai 59 Tahun Provinsi Riau, Gubernur: Riau Seharusnya Sudah Matang

Riau Book - Hari jadi Provinsi Riau ke 59 adalah momentum untuk meningkatkan kualitas pelayanan demi mewujudkan cita-cita pembangunan yang…

Foto

Pembangunan Pariwisata dan Budaya Melayu

Riau Book - Secara geografi Propinsi Riau adalah sebuah wilayah yang dinilai strategis berdekatan dengan beberapa negara tetangga seperti…

Foto

Optimalisasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Mendorong Ivestasi di Riau

Riau Book - Persoalan perizinan adalah salah satu hal yang selama ini menjadi pembahasan banyak pihak, tidak hanya pemerintah…

Foto

Karyawan Bank Riau Kepri Dapat Penghargaan di Tengah Perayaan HUT RI

Riau Book - Sebagai wujud kecintaan terhadap tanah air dan mengenang jasa para pahlawan yang berjasa dalam merebut kemerdekaan, Bank…

Foto

WAKO PEKANBARU TERIMA LENCANA MELATI DARI PRESIDEN JOKO WIDODO

Riau Book- Dinilai gigih dan peduli terhadap kebangkitan gugus depan kepramukaan pada semua sekolah yang ada di Pekanbaru sejak tahun…

Foto

200an Pensiunan BRK Hadiri Halal Bi Halal di Menara Dang Merdu

Riau Book - Pada Senin (25/7/2016) terlihat nuansa berbeda di kantor pusat Bank Riau Kepri, beberapa wajah-wajah yang sudah…

Foto

FK-IJK Riau Adakan Halal Bi Halal dan Pertemuan

Riau Book - Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FK-IJK) Provinsi Riau adakan Halal Bi Halal pada Selasa (26/7/2016) di Hotel…

Foto

255 JCH Ikuti Pembekalan Bank Riau Kepri

Riau Book - Bank Riau Kepri gelar acara Silaturahmi dan Bimbingan Haji nasabah Tabungan Sinar iB Dhuha yang berangkat haji…

Foto

BRK Adakan Silaturahmi dan Manasik Haji, 255 JCH Ikuti Pembekalan

Riau Book - Bank Riau Kepri gelar acara Silaturahmi dan Bimbingan Haji nasabah Tabungan Sinar iB Dhuha yang berangkat haji…

Foto

Malam Apresiasi BPD, BRK Raih Kategori BPD dengan Peningkatan Modal Tertinggi

Riau Book - Bank Riau Kepri raih Penghargaan kategori BPD dengan Peningkatan Modal Tertinggi (buku2) saat berlangsung Malam Apresiasi Bank…

Foto

BRK Gelar Seminar Pengelolaan SDM & Hubungan Industrial

Riau Book - Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi diera pemerintahan Presiden Abdurahman Wahid, Bomer Pasaribu berikan materi Seminar Nasional…

Foto

Bandung Dukung Pekanbaru Menuju Smart City

Riau Book - Cita-cita Kota Pekanbaru menuju Kota Smart City di Wilayah Sumatera akan semakin cepat terwujud, pasalnya Pemerintah…

Foto

BRK Perkuat Pendanaan Jangka Panjang Melalui Obligasi dan Wacanakan Go Public

Riau Book - Bank Riau Kepri (BRK) menggelar workshop bertajuk Peranan Obligasi Sebagai Penguatan Pembiayaan Jangka Panjang dan IPO (Initial…

Foto

Parlementaria - Pansus DPRD Pelalawan Kunker Gesa Ranperda Jadi Perda Demi Kepastian Hukum

Riau Book - Dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan, Riau, Bupati HM Harris menyerahkan 6 Ranperda…

Foto

Teknopolitan dan Bono Priotitas Promosi, Menarik Perhatian Dubes RI di Swedia

Riaubook - Dihari terakhir kunjungan Bupati Pelalawan HM Harris beserta Kepala BPPT  RI Unggul Priyanto, didampingi Iwan Sudrajat (Direktur Pusat…

Foto

Rohil Gali Potensi Wisata Andalan

Riau Book - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, terus menggali potensi wisata andalan di daerah ini, termasuk…

Foto

Galeri Foto: Ribuan Warga Nikmati Suasana Petang Balimau di Sungai Siak

Riau Book - Iven Petang Balimauatau Petang Megangasai yang digelar Pemerintah Kota Pekanbaru di bantaran sungai Siak Kampung Bandar Senapelan,…

Foto

Pemko Pekanbaru Berwacana Jadikan Sungai Siak Tempat Wisata Terapung

Riau Book - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, akan membuat wisata terapung di pinggiran Sungai Siak karena dianggap patut untuk diekspos…

Foto

Wakil Bupati Inhil Hadiri Pelepasan dan Wisuda TK Islam dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah

RiauBook.com, INDRAGIRI HILIR - Yayasan Al-Husniyah Tembilahan melaksanakan pelepasan dan Wisuda TK Islam angkatan Ke-10 dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah…

Foto

Wakil Bupati Inhil Hadiri Penutupan Tahun Pelajaran dan Pelepasan Sekaligus Wisuda Santri Peserta Didik Al-Husniyah

RiauBook.com, INDRAGIRI HILIR - Wakil Bupati Inhil, H.Rosman Malomo hadiri penutupan tahun pelajaran dan pelepasan sekaligus Wisuda santri peserta didik…

Pendidikan